Sukses

Kehamilan Kosong

28 May 2017, 23:27 WIB
Pria, 39 tahun.

Dokter saya mau tanya.. Dua minggu yg lalu istri saya dinyatakan hamil oleh dokter lewat hasil usg dan umur kelahirannya sudah mencapai 5 minggu, tp pada saat itu terjadi pendarahan tp hanya sedikit hingga akhirnya istriku dikasih obat dan disuruh balik lg 2 minggu Setelah 2 minggu saya mengantar istri saya untuk diperiksa lagi sama dokter yg kemarin, dan istri saya di USG lg tp kok kantong rahimnya lamah g keliatan y padahal istri saya sudah g pendarahan lg.. Yg saya tanyakan apa yg menyebabkan kantong rahim istri saya g kelihatan waktu di USG lg...? Kira" apa penyebabnya y dok..? Tlng penjelasannya.. Trima kasih sebelumnya..

Terima kasih telah bertanya seputar kehamilan kosong melalui fitur Tanya Dokter. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Pada kehamilan normal perkembangan janin dapat terlihat pada pemeriksaan USG transvaginal (melalui vagina) sekitar umur 5-6 minggu, sedangkan pada pemeriksaan USG abdomen (perut) terlihat pada usia kehamilan 6-7 minggu. Pada kehamilan umur 8 minggu seharusnya sudah terlihat perkembangan janin pada USG perut. Bila pada umur kehamilan tersebut masih belum ditemukan perkembangan yaitu kantong rahim, maka kelainan kehamilan kosong perlu dikhawatirkan.

Diagnosa Kehamilan kosong akan terdeteksi jika pada saat kehamilan 8 minggu dilakukan pemeriksaan USG abdomen dan di dalam kantung janin tidak terdapat embrio atau tidak adanya detak jantung janin pada saat pemeriksaan Doppler. Jika hasil USG di usia 8 minggu sudah terdeteksi dan tidak ditemukan adanya perdarahan pervaginal, biasanya dokter akan memberikan pilihan untuk menunggu beberapa hari atau minggu untuk mengulang pemeriksaan USG kembali agar tidak terjadi adanya salah diagnosa kehamilan kosong. 50 % penyebab terjadinya keguguran di trimester pertama adalah kehamilan kosong.

Kehamilan kosong atau blighted ovum ini disebabkan oleh kelainan kromosom. Tubuh akan mengenali kelainan kromosom pada fetus dan secara otomatis mengakhiri kehamilan karena mengetahui janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat. Kelainan kromosom bisa disebabkan oleh buruknya kualitas sperma atau sel telur dan pembelahan sel yang abnormal.

Tanda dan gejala blighted ovum adalah sebagai berikut:

  • Mual dan Muntah
  • Payudara mengeras
  • Lemas
  • Perdarahan pervaginal
  • Nyeri abdomen
  • Perkembangan uterus yang melambat

Untuk tatalaksana mengenai hasil USG istri Anda, kami sarankan untuk konsultasikan kondisi Anda ke dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kehamilan kosong. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar