Sukses

Maag Lama

28 May 2017, 23:22 WIB
Wanita, 39 tahun.

Klu sakit maag terua selama 3 bulan sy harus periksa ke spesialis apa ya dok?dan apa saja pemeriksaan yg biasa dilakukan untuk kejelasannya..mksh

Terima kasih telah bertanya seputar maag melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag kronis merupakan kondisi dimana penyakit maag itu berulang dan sudah berlangsung lama walaupun sudah dilakukan pengobatan. Maag sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan, dll. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan luka, bahkan ulkus (luka dalam pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama. Jadi penyebab dari maag yang lama bisa juga oleh ulkus tersebut ataupun memang asam lambung mudah meningkat.

Selain luka, nyeri di ulu hati dan perasaan seperti ada panas yang naik ke leher dapat disebabkan oleh kondisi GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu dimana asam lambung Anda naik ke leher oleh karena keadaan dimana pintu atas lambung Anda kendur saat Anda tiduran. Keadaan ini membutuhkan pengobatan yang lama.

Bila keadaan maag Anda sangat menggangu coba saja lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan pemeriksaan penunjang yang disarankan oleh dokter tersebut, contohnya adalah endoskopi.

Untuk tatalaksana awal maag yang Anda dapat lakukan adalah :

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai maag. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar