Sukses

Suka Menyendiri, Apakah Normal?

28 May 2017, 23:17 WIB
Pria, 20 tahun.

selamat sore Dok, Saya merasa bahwa saya sering tidak memperdulikan orang disek itar saya, saya selalu merasa nyaman jika saya sendirian dan berada ditempat yang gelap dan sunyi. Apakah ada sesuatu yang salah dari saya dok ? Saya mohon agar pertanyaan saya mendapat jawaban nya Terima Kasih Dokter

Terima kasih telah bertanya seputar kebiasaan menyendiri melalui fitur Tanya Dokter. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami untuk menanyakan beberapa hal kepada Anda. Apakah kondisi Anda didahului oleh peristiwa yang menimbulkan kekecewaan? Apakah didahului oleh trauma fisik atau pun mental?

Sebenarnya adalah wajar bagi seseorang untuk mengalami kekecewaan dan setelahnya kemudian merasa sulit atau enggan untuk melakukan hal yang sebelumnya menimbulkan perasaan sedih atau kecewa tersebut. Dan memang setiap orang memiliki karakteristiknya masing-masing termasuk dalam bersosialisasi. Suatu kondisi baru dapat dikatakan gangguan jiwa apabila kondisi tersebut, baik berupa kesedihan menimbulkan gangguan dalam aktivitas sehari-hari, misalnya membuat kinerja anda di kantor terganggu atau bahkan tidak mampu bekerja, atau mengganggu aktivitas Anda di sekolah bila anda seorang mahasiswa atau murid.

Oleh karenanya, bila anda memang merasakan gangguan dalam aktivitas normal sehari-hari, maka barulah mungkin ada gangguan kejiwaan, yang tentunya memerlukan konsultasi ahli. Kami menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa (pskiater) bila anda merasakan gangguan yang cukup berat dalam beraktivitas akibat kebiasaan menyendiri atau kurang bersosialisasi tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kebiasaan menyendiri. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar