Sukses

Mengatasi Keringat Berlebih

27 May 2017, 20:18 WIB
Wanita, 46 tahun.

Mengapa saya gampang sekali kepanasan dan berkeringat

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan mengenai sering berkeringat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mengeluarkan keringat berlebih disebut juga dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum.

Hiperhidrosis umum atau menyeluruh ditandai oleh keluarnya keringat secara berlebihan di seluruh tubuh. Keadaan ini memang dapat disebabkan oleh adanya kelainan jantung, seperti gagal jantung atau infark otot jantung, kemungkinan karena adanya pengaruh peningkatan aktivitas sistem saraf simpatis. Gejala ini biasanya disertai gejala gangguan jantung lainnya, seperti jantung berdebar-debar, nyeri dada, sesak napas, bengak pada tubuh, dll.

Namun terdapat berbagai macam penyebab lain hiperhidrosis umum, seperti diabetes (kencing manis), kelainan kelenjar gondok (hipertiroid), tuberkulosis (keringat banyak pada malam hari), konsumsi obat-obat tertentu, atau bahkan tumor. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan cemas menyeluruh pada seseorang.

Sedangkan pertanyaan Bapak menyangkut keringat berlebih pada telapak tangan. Keadaan ini disebut juga hiperhidrosis palmaris, dan termasuk pada hiperhidrosis lokal (mempengaruhi hanya bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi (stress, cemas, marah).

Anda dapat mencoba mempraktekkan teknik-teknik relaksasi untuk membantu Anda mengatasi faktor psikis atau berolahraga teratur untuk meningkatkan kebugaran sehingga dapat berperan membantu respon tubuh Anda terhadap suhu lingkungan.

Jika tangan Anda terus berkeringat tanpa adanya stimulasi emosi, sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari kemungkinan penyebab hiperhidrosis Anda. Untuk terapi hiperhidrosis Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik untuk dilakukan terapi penyuntikan botoks.

Demikian informasi mengenai sering berkeringat. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar