Sukses

Nyeri Punggung, Mengapa?

28 May 2017, 22:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, mggu kmrn sy olahraga trampolin. Semenjak itu punggung saya terasa nyeri. Sudah 1 mggu tp sakitnya tidak hilang juga. Sakitnya muncul ketika bangun dr telentang, berbaring telentang, dan ketika lompat. Apakah ini berbahaya dok? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri punggung menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri pada tulang belakang merupakan keluhan yang umum ditemui. Namun penyebab nyeri tersebut dapat sangat bervariasi, mulai dari gangguan pada tulang belakang sampai dengan gangguan pada organ dalam perut.

Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Nyeri pada tulang belakang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang paling sering ditemukan adalah terjadinya nyeri yang diakibatkan oleh ketegangan otot, yang dapat hilang dengan istirahat. Adapun, beberapa penyebab nyeri punggung lainnya yang dapat terjadi mencakup:

Herniasi Nukleus Pulposus (HNP)
Tulang belakang manusia memiliki bagian bantalan antar tulang (diskus intervertebra). Bantalan antar tulang belakang ini memiliki komponen inti berupa nukleus pulposus yang dapat keluar karena adanya insiden, misalkan pada penggunaan beban yang berlebihan. Keluarnya nukleus pulposus dapat menyebabkan penekanan pada serabut saraf dan bedampak pada keluhan sakit punggung.
Spondilolistesis
Spondilolistesis adalah pergeseran dari tulang belakang. Tulang belakang manusia seharusnya saling menumpuk satu diatas yang lainnya. Pergeseran tulang belakang ini dapat terjadi karena berbagai hal, misalkan terjadinya trauma atau cedera pada tulang belakang. Penderita spondilolistesis akan mengeluhkan adanya sakit pada punggung.
Batu Saluran Kemih
Selain kelainan pada struktur tulang belakang, salah satu penyebab sakit punggung adalah adanya sumbatan pada saluran kencing. Sumbatan pada saluran kencing akan menyebabkan keluhan sakit pada daerah perut dan pinggang yang hebat atau biasa disebut kolik abdomen.
Penanganan Nyeri Tulang Belakang

Penanganan nyeri tulang belakang harus disesuaikan dengan penyebabnya. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menangani keluhan sakit punggung, yakni:

Kompres air dingin
Kompres air dingin dapat menurunkan peradangan yang terjadi dan mengurangi rasa nyeri akibat sakit punggung.
Jaga postur tubuh
Jagalah postur tubuh agar berada dalam posisi tidak membungkuk. Posisi membungkuk menyebabkan tubuh lebih sulit untuk menopang berat badan secara ideal.
Jaga berat badan
Berat badan berlebih dapat menyebabkan peningkatan beban tubuh pada tulang belakang. Oleh karena itu, jagalah berat badan tetap dalam rentang berat badan ideal.
Gunakan obat antinyeri
Obat antinyeri yang dapat digunakan untuk meringankan gejala. Obat nyeri yang dapat digunakan untuk meringankan gejala sakit punggung adalah parasetamol atau ibuprofen. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter secara langsung untuk penggunaan obat ini. Orang dengan gangguan seperti ulkus lambung (luka pada lambung), penyakit ginjal dan hati disarankan untuk menghindari penggunaan obat ini jenis ini.

Terkait pertanyaan Anda mengenai nyeri yang timbul setelah menggunakan trampolin, nyeri tersebut dapat timbul akibat terjadi cedera pada otot atau persarafan. Namun, mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis yang mendetil dalam menentukan diagnosis, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk menentukan penyebab dan penanganan yang tepat bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri punggung, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar