Sukses

Tanda Setelah Imunisasi BCG

28 May 2017, 22:46 WIB
Wanita, 27 tahun.

Assalamualaikum, dok sy ingin tnya ttg imunisasi pd bayi. Umumx stelah imunisasi BCG pd bayi, di lengan bayi pasti akan terdapat tanda, nahh pd anak sy kok ga ada tnda di lenganx y? Apakah tdk apa2 dok? Yg sy takutkan obatx tdk bereaksi dan berfungsi. Apakah anak sy hrus di BCG lg atw gmn dok? Mohon penjelasanx. Trimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai tanda setelah imunisasi BCG menggunakan fitur Tanya Dokter.

Penyuntikan BCG (Bacillus Calmette Guerin) dilakukan saat bayi berumur 1-3 bulan, akan tetapi bisa lebih cepat diberikan jika kondisi lingkungannnya beresiko untuk penularan penyakit TBC.

Suntik BCG yang dianjurkan oleh WHO diberikan di lengan kanan atas dan bukan di bagian paha, karena di bagian paha banyak terdapat lemak dan ini menyulitkan untuk ditembus oleh vaksin itu sendiri. Akan tetapi masih banyak juga yang memberikannya di paha karena alasan estetika.

Benjolan yang timbul di lengan kanan atas bayi setelah disuntik BCG itu merupakan salah satu indikator keberhasilan dari imunisasinya. Dan Bekasi ini tidak perlu dirisaukan, karena akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia.

Bisul ini awalnya berupa bentol besar yang kemudian berbentuk bisul kecil yang mengeluarkan nanah. Bisul kecil yang bernanah ini tidak boleh dipencet karena dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi atau luka baru, lebih baik dibiarkan saja pecah sendiri. Setelah itu akan muncul tanda keberhasilan imunisasi yaitu berupa benjolan kecil atauseperti digigit nyamuk.

Keberhasilan imunisasi BCG ini akan terlihat paling lambat 3 bulan atau paling cepat 1 bulan setelah imunisasi.

Bagaimana jika tidak muncul benjolan pada bekas suntik BCG? Vaksin tidak perlu diulang, karena vaksin tetap masuk dan tubuh tetap dapat memproduksi antibodi untuk melawan TBC.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanda setelah imunisasi BCG, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar