Sukses

Flek Berwarna Kecoklatan Diluar Siklus Haid

28 May 2017, 22:54 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagii dok , Saya mau nanya nih , Saya berusia 22 tahun dan saya baru 1,5 bulan mnikah . Saya haid tgl 17 april 2017 tapi pada tgl 10 mei 2017 kemaren saya haid lagi padahal sebelum menikah siklus haid gag pernah maju dok . Setelah selesai haid saya dan suami melakukan hubungan badan . Lalu pada tgl 24 mei 2017 ada flek berwarna coklat muda selama kurang lebih 3hari dok padahal baru 14 hari selesai haid . Karena penasaran sy TP tapi hasilnya negatif dok . Kenapa seperti itu ya dok ? Apa saya harus ke dokter kandungan atau bagaimana dok saya bingung . Terimakasih sebelumnya dok ..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar flek diluar haid, melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai keluhan Anda yaitu mengalami keluar bercak darah di luar siklus haid, jika jumlahnya tidak terlalu banyak, tidak melebihi darah sewaktu haid, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika banyak terjadi cukup sering, jumlah lebih banyak, dan sudah beberapa kali terjadi, maka ada baiknya diperiksakan lebih lanjut. Perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

Dysfunctional uterine bleeding
Endometriosis, adenomyosis
Kehamilan ektopik
Hiperplasia endometrial
Polip
Penggunaan kontrasepsi
Kanker leher rahim
Pelvic inflammatory disease / Radang Pelvis
Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar flek diluar haid, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar