Sukses

Amandel Membesar

28 May 2017, 22:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya sudah 2 minggu merasakan amandel saya membesar. Sebelumnya blm pernah. Lalu di leher saya juga terdapat benjolan sebesar biji salak. Saat makan dan menelan tidak ada masalah. Apa yang sebenarnya terjadi dok? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah itu perlu tindakan lebih lanjut? Mohon penjelasannya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar amandel melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa pertanyaan yang perlu kami tanyakan. Bagaimana Anda merasakan amandel yang membesar? Apakah terasa mengganjal? Apakah amandel tersebut sudah dilihat lewat kaca atau oleh orang lain?

Amandel atau dikenal dengan nama tonsil adalah jaringan limfoid yang berlokasi di beberapa tempat dalam rongga mulut dan rongga faring. Tonsil yang paling dikenal adalah tonsil palatina yang berlokasi di oro faring (kanan-kiri, belakang lidah), berbentuk almond, sepasang, dan mudah dilihat.

Fungsi dari tonsil adalah melawan infeksi di dalam tubuh, khususnya pada daerah mulut baik yang disebabkan oleh virus, jamur maupun bakteri dengan cara membantu tubuh memproduksi antibodi untuk membantu melawan infeksi. Saat terjadi infeksi, tonsil bekerja lebih keras untuk melawan infeksi tersebut sehingga terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis.

Gejala umum tonsillitis adalah nyeri tenggorok dan demam. Pada tenggorok dan tonsil biasanya terlihat merah dan membengkak. Pada tonsil dapat terlihat nanah yang menutupi secara penuh ataupun bercak-bercak.

Gejala penyerta dari tonsilitis bisa dengan pembesaran kelenjar getah bening yang berada di leher, seperti yang Anda rasakan.

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya maka akan diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut.

Untuk operasi pengangkatan amandel, hanya dilakukan jika sudah ada indikasi yaitu berulangnya penyakit cukup sering dan terdapat gejala penyumbatan seperti gangguan tidur. Pasien yang sering mengalami penyakit ini dalam sebulan sampai beberapa kali, sering mengorok saat tidur, dan sering terbangun karena sesak maka sudah dianjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Tips mempercepat pemulihan proses penyembuhan:

  • Hindari minuman dingin,
  • Jauhi es krim,
  • Hindari minuman soda,
  • Jangan makan makanan yang digoreng
  • Hindari makanan manis
  • Perbanyaklah minum air putih hangat.

Bila ternyata sering berulang, dalam sebulan hingga 3 kali mengalami penyakit ini dan terdapat gangguan saat tidur, segera konsultasi ke dokter spesialis THT untuk dipikirkan langkah selanjutnya apakah perlu dilakukan operasi pengangkatan amandel atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai amandel. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar