Sukses

Bicara Cadel

28 May 2017, 22:34 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya cadel saya ingin ikut STPDN, apakah cadel saya bisa disembuhkan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Bicara Cadel melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Bicara cadel ataupun gangguan pada pengucapan kata sering terjadi pada anak, misalnya huruf "R" yang dibaca menjadi "L".Cadel dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan,faktor psikologis,kelainan fisiologis (gangguan pada pendengaran,otak,rongga mulut),kurangnya koordinasi antara lidah dan bibir.

Bila keluhan cadel disebabkan oleh frenulum lingualis yang terlalu pendek sehingga menyebabkan keterbatasan pergerakan lidah dan bahkan sering menyebabkan masalah bicara. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan operasi kecil disebut frenulectomy atau lingual frenectomy. Tindakan ini dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut (drg. Sp.BM), yang akan memotong dan membebaskan frenulum, kemudian dijahit kembali. Tapi apabila keluhan cadel bukan disebabkan oleh hal tersebut tentu saja Frenectomy atau Frenulectomy bukanlah solusi atas keluhan cadel yang dialami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bicara Cadel. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar