Sukses

Keluar Cairan dari Telinga Anak

28 May 2017, 21:56 WIB
Pria, 24 tahun.

Beberapa waktu lalu (tgl 5 mei) anak saya mengeluh sakit pada telinga, lalu saya bawa ke dokter spesialis THT, kata dokter nya radang, terus di kasih tetes telinga dan obat buat di minum, setelah 2 hari saya obati sembuh, namun beberapa hari terakhir ini telinga nya mengeluarkan cairan, tetapi tidak sakit, nah aku bersihin malah sakit lagi, terus aku kasih tetes telinga 1x udah sembuh, namun keluar cairan lagi (tidak sakit) yang ingin saya tanyakan, apakah cairan tsb berbahaya? Mohon tanggapannya, terimakasih 😊

Terima kasih telah bertanya tentang keluar cairan dari telinga anak melalui fitur Tanya Dokter.

Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Pada umumnya, cairan yang sering keluar dari telinga adalah serumen (kotoran telinga), namun keluarnya cairan lain seperti darah atau nanah dari telinga dapat terjadi akibat adanya iritasi atau infeksi di dalam telinga.

Keluarnya cairan dari telinga akibat adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau anak yang menjadi rewel selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Yang biasa terjadi juga keluhan tersebut diawalai oleh keluhan batuk pilek yang berat dan berlangsung lama. Hal tersebut diakibatkan pecahnya gendang telinga, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dari telinga.

Untuk memastikannya, diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga anak anda. Karena itu, Kami sarankan agar Anda membawa anak Anda kembali ke dokter THT, untuk dievaluasi jenis dan penyebab keluarnya cairan dari telinga tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait keluar cairan dari telinga anak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar