Sukses

Benjolan Kelopak Mata

28 May 2017, 21:56 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat malam dokter.. saya mau kan punya anak laki2 usia 2.5th kelopak mata anak saya jendil sebelah kiri atas. dan kalo sdg tidur pasti berair awalnya kecil tapi lama kelamaan tambah keliatan jendill nya. itu kirakira kenpa ya dok. dan cara mengobatinya bagaimana.. anak saya bb nya cuma 11kg dok. . makannya jiga susah.. krnapa ya dok ini??? mohon jawabannya dokter. triimss

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Kelopak Mata di fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan dimata dapat merupakan berbagai kelainan seperti bintittan/hordeolum, peradangan kalazion atau lainnya. Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk dapat mengeluarkan isi dari benjolan, jika benjolannya besar.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat dapat diberikan kompres hangat, 4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Untuk mencegah berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk, serta pastikan peralatan rias yang berhubungan dengan mata senantiasa bersih/steril.

Bagaimanapun, apabila hordeolum membesar hingga anda mengalami gangguan penglihatan, insiden hordeolum yang terlalu sering, tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri sebaiknya anda segera membawa anak Anda mengunjungi dokter spesialis mata untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Kelopak Mata, semoga informasi ini bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar