Sukses

Berat Badan Ideal Anak 2 Tahun

28 May 2017, 22:10 WIB
Pria, 23 tahun.

Asalamualaikum wr.wb . Dok , saya mau tanya , saya mempunyai anak yg berusia 2 tahun kurang apakah normal bila ia memiliki berat badan hanya 9kg. Sedangkan jadwal makan nya teratur sehari 3x . Makannya pun selalu sehat , nasi , lauk pauk , sayuran , dan buah saja hanya saja tidak diberi susu karena si anak tidak suka. Saya khawatir dengan keadaan ini sedangkan saya belum pernah konsultasi kedokter , mohon bantuannya yah dokter ūüėá

Terimakasih telah bertanya tentang berat badan anak melalui fitur Tanya Dokter.

Anak Anda berusia 2 tahun dengan berat 9 kg. Dengan kurva WHO, bila anak Anda perempuan, idealnya sudah mencapai 11,5 kg dan bila laki-laki 12,2 kg. Berat badan anak Anda saat ini berada di rentang gizi kurang cenderung buruk. 

Anda pun dapat menghitungnya di sini: Kalkulator Tumbuh Kembang Anak.

Bagaimana dengan perkembangan lain anak Anda? Perkembangan bahasa, motorik, dan kognitifnya? Melihat pertumbuhan fisik yang cenderung kurang, sebaiknya Anda segera membawa si kecil ke dokter anak. Berat badan anak yang sulit naik bisa dikarenakan anak mengalami suatu kondisi yang mendasari misalnya penyakit kronis. Jangan tunda pemeriksaan ini.

Untuk tip Anda di rumah, berikut cara-cara untuk meningkatkan berat badan anak:

  1. Tingkatkan frekuensi makan, dengan prinsip makan sering dalam porsi sedikit. Frekuensi makan yang dianjurkan adalah 3 kali makan besar diselingi 2-3 kali snack. Pilih snack yang tinggi kalori misalnya jus alpukat dicampur susu, pisang, atau makanan seperti macaroni schotel dan olahan berbahan dasar karbohidrat lainnya. Susu formula dapat diberikan 5-6 kali sehari @150-200 mL/kali minum tergantung usia anak. Namun demikian, jangan minum susu mendekati waktu makan. Berikan selang waktu minimal 2 jam sebelum anak makan agar tidak kenyang terlebih dulu.
  2. Ketika anak sedang tumbuh gigi, ada kalanya ia ingin naik tekstur menjadi makan nasi biasa atau turun tekstur menjadi makan bubur. Sumber karbohidrat juga bisa diganti dengan ubi, kentang, oatmeal atau roti.
  3. Anda dapat menggunakan keju slice atau keju parut sebagai snack atau sebagai tambahan ketika anak memakan snack-nya. 
  4. Berikan anak makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam dan daging merah dalam porsi yang sesuai.
  5. Untuk anak di bawah 1 tahun, konsumsi sayur tidak wajib selama anak masih mau makan buah. Bila anak terlalu banyak makan sayur yang mengandung serat, ia akan cepat kenyang dan kurang mendapatkan asupan karbohidrat dan protein yang lebih penting untuk pertumbuhan fisiknya di masa ini.

Kami sertakan pula artikel berikut terkait aturan makan bagi anak yang sulit makan: Bila Anak Sulit Makan.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda seputar Porsi Makan Anak.

Kami sertakan pula beberapa artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar berat badan anak. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar