Sukses

Penyebab Anyang-Anyangan

28 May 2017, 22:19 WIB
Wanita, 30 tahun.

dok, saya sempat melakukan vaginam atau memasukkan sejenis ramuan herbal kedalam rahim dg tujuan membersihkan rahim dr keputihan dn bibit penyakit lainnya, tapi ketika 2 hari hasil ekskresi ramuan tersebut tidak keluar,saya masukkan jari untuk mengorek dn mengeluarkan hasil ekskresi tersebut, saya masukkan cukup dalam, sehari setelah itu,saya mengalami anyang anyangan selama beberapa hari, setelah saya minum obat,anyang anyangan mulai reda tapi tidak hilang sepenuhnya, dn sekarang saya menderita nyeri di perut bagian bawah dn sempat membuat saya tidak bisa berdiri tegak,saya minum anttibiotik...dn sakitnyapun mereda,tp tidak hilang,apalagi jika digunakan untuk berbubungan suami istri,di posisi tertentu saya merasakan sakit yg sangat sampai ke ulu hati.... bagaimana cara mengatasinya??? dan apa sebenarnya yang sedang saya alami???

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Anyang-Anyangan melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Faktor risiko yang paling sering untuk terjadinya infeksi saluran kemih adalah adanya batu di saluran kemih yang menyebabkan peradangan dan memudahkan terjadinya infeksi serta sumbatan di saluran kemih. Hal tersebut perlu dipastikan dengan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen perut atau USG perut. Melalui pemeriksaan tersebut batu dapat diketahui ukuran batu tersebut apakah kecil atau besar dan letak pastinya di saluran kemih bagian apa (apakah yang dekat ginjal atau atau dekat lubang kencing). Penanganan akan disesuaikan dengan ukuran batu pada saluran kemih Anda, dan tidak selalu harus operasi. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Hindari memasukkan benda - benda apapun termasuk ramuan herbal ke dalam vagina Anda terlebih bila ramuan tersebut tidak steril bisa menyebabkan infeksi pada vagina Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Anyang-Anyangan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar