Sukses

Bercak Oranye Di Popok Bayi

28 May 2017, 22:13 WIB
Pria, 30 tahun.

Maaf dok, bayi laki2 sy 6 bulan Sudah 2 hari didiaper nya ada bercak orange Bahaya tidak ya dok Bayi sy sedang batuk pilek, dan dia tetap ceria makan dan minum asi lahap Trims

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Bercak Oranye Di Popok Bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan terkait keluhan tersebut. Apakah yang Anda maksudnya bercak oranye terdapat pada popok atau pada kulit yang terkena popok bayi? Apakah bayi Anda belakangan lebih rewel daripada biasanya? Bagaimana dengan pola defekasi nya, adakah diare belakangan ini?

Yang perlu diwaspadai dari pemakaian popok adalah adanya ruam popok pada kulit bayi. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena:

Popok yang jarang diganti
Bayi sedang mengalami diare
Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya
Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat
Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya
Ketika bayi mulai makan makanan padat
Kulit yang sensitif
Untuk mencegahnya, Anda perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering (idealnya tiap 3 jam sekali atau pada saat buang air besar). Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Anda lebih sering lagi mengganti popok bayi.

Untuk memastikan kondisi ini ada baiknya anda memeriksakan anak kepada dokter spesialis anak terdekat agar penyebab diketahui pasti dan penanganan menjadi lebih tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bercak Oranye Di Popok Bayi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar