Sukses

Penanganan Saraf Terjepit

28 May 2017, 22:08 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya Iqbal saya mengalami penyakit saraf terjepit di kaki kiri sudah dari tahun 2016 sekitar hampir 1tahun penyebabnya saya jatuh dari tangga yang licin dan pantat saya yg terkena duluan sampai ke bawah tangga sakitnya luar biasa, dulu saya pincang tidur susah sampai pinggang saya bengkok tidak lurus lagi kalau habis bangun tidur skrang saya mendingan tapi kaki saya jalan sebentar sudah gampang sakit cape dan pegel saya harus bagaimana dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penanganan Saraf Terjepit melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pada kondisi saraf terjepit, penanganan sangat bergantung pada derajat terjepitnya saraf. Apakah saraf sudah sangat terjepit atau belum. Jika keadaan saraf belum sangat terjepit maka selain pengobatan yang diberikan, biasanya juga perlu dilakukan terapi rehabilitasi medik (misal: senam, peregangan) untuk membantu mengurangi rasa nyeri, membantu memperbaiki posisi tulang belakang, meregangkan wilayah yang terjepit serta membantu agar otot-otot di sekitar wilayah persarafan yang terganggu tetap aktif. Terkadang juga diperlukan pemanasan (diatermi) untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Namun, pada kondisi saraf yang sudah sangat terjepit dan tidak dapat diatasi dengan obat-obatan dan terapi rehabilitasi medik, maka diperlukan tindakan operasi untuk melepaskan tekanan pada saraf. Kondisi penjepitan saraf yang tidak mengalami perbaikan setelah beberapa waktu usaha konvensional (berenang, fisioterapi, akupunktur) biasanya memerlukan penanganan pembedahan.

Penyakit saraf terjepit ini, bila kondisi penjepitannya sudah cukup parah maka memang tindakan yang paling baik adalah dengan melakukan operasi pembebasan saraf yang terjepit tersebut.

Sementara waktu, rasa nyeri yang Anda dialami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:
• Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja, bergerak banyak
• Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
• Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Apakah sudah mengunjungi dokter? Kami sarankan sebaiknya segera memeriksakan diri dan mengkonsultasikan diri ke dokter spesialis saraf untuk melihat dengan pemeriksaan radiologi (MRI) apakah kondisi penjepitan saraf sudah cukup parah. Hal ini dikarenakan, penjepitan saraf yang semakin parah dapat memperburuk keadaan hingga terjadi kelumpuhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penanganan Saraf Terjepit. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar