Sukses

Nyeri Seperti Ditusuk pada Klitoris

27 May 2017, 06:05 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter saya mau tanya , kalau dibagian klitoris suka kejang atau tiba" suka merasakan sakit seperti dicubit atau ketusuk, itu pertanda apa ya dok,?

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri pada klitoris melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri pada klitoris bisa berupa rasa terbakar, panas, perih, gatal, nyeri, yang bisa disertai ataupun tidak disertai oleh peradangan. Nyeri bisa berupa nyeri tajam atau tumpul (berdenyut).

Nyeri pada klitoris merupakan bagian dari vulvodynia, yaitu nyeri pada area kemaluan wanita yang mencakup klitoris, perineum, area rambut kemaluan (pubis) dan paha bagian dalam. Rasa tidak nyaman ini juga bisa mempengaruhi area di sekitar uretra (tempat keluarnya kencing) dan tungkai atas.

Vulvodynia kerap disebabkan oleh gangguan sinyal saraf yang mempersarafi area kemaluan. Ujung-ujung saraf ini menjadi terlalu sensitif. 

Seorang wanita dianggap mengalami vulvodynia apabila gejala-gejala di atas telah dialami selama lebih dari 3 bulan. Biasanya muncul tiba-tiba dan dapat berlangsung hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Di samping itu, klitoris yang terasa sakit mungkin disebabkan oleh adanya lecet akibat aktivitas hubungan intim ataupun masturbasi (onani). Rasa nyeri pada klitoris juga dapat disebabkan oleh infeksi pada daerah kemaluan. Tanda infeksi adalah klitoris yang membengkak dan kemerahan. Dapat disertai tanda infeksi di sekitarnya berupa rasa panas atau gatal, atau keputihan yang abnormal. Rasa nyeri juga dapat disebabkan oleh "trauma" atau cedera pada jaringan saraf klitoris. 

Bila keluhan ini berlangsung terus-menerus atau sudah sejak lama hilang timbul, sebaiknya segera Anda periksakan ke dokter kandungan atau dokter saraf agar dapat ditentukan penyebab dan penanganannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri pada klitoris. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar