Sukses

KB suntik dan Gangguan Haid

28 May 2017, 21:49 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau tanya saya udah hampir 2tahun kb suntik 1 bulan awal nya M saya lancar tapi lama2 M nya cuman flek2 aja dan udh 4bulan trakhirnya sy tidak M sama sekali dok, apakah itu berbahaya dan ada penyumbatan sehingga saya tidak M apa yang harus saya lakukan dok ? Trimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang KB suntik dan Gangguan Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang KB suntik dan Gangguan Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar