Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan

28 May 2017, 21:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok sya mau tanya ni.. Sya melakukan hubungan intim sebelum suntik kb. Suda hari ke 3 stelah brhubgan.. Sy mmutuskan untuk kb. Kira" sy akan hamil atau tidak ya.?? Soalnya anak saya suda dua.. Kami belum siap jika harus nambah lagi. Mohon penjelasanya dok. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar mencegah kehamilan setelah berhubungan melalui fitur Tanya Dokter.

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk penggunaan KB suntik, salah satu kontraindikasi pemakaian adalah adanya kemungkinan kehamilan. Oleh karena itu suntik kb dilakukan pada 5 hari pertama siklus menstruasi Anda.

Jika Anda melakukan penyuntikan pada masa tersebut, maka kontrasepsi sudah efektif dan anda dapat melakukan hubungan intim dengan aman. Akan tetapi jika Anda disuntik setelah masa diatas, Anda perlu menunggu 7 hari setelah penyuntikan jika ingin melakukan hubungan intim.

 

Bila Anda sudah terlanjur melakukan hubungan suami istri dan ingin mencegah kehamilan setelah berhubungan maka kontrasepsi yang direkomendasikan adalah pil kontrasepsi darurat. Obat tersebut terdiri atas dua tablet, dalam setiap tablet berisi levonogestrel 750 mikrogram. Tablet pertama harus diminum maksimal 72 jam setelah hubungan seksual tanpa pengaman, diikuti dengan pil yang kedua 12 jam kemudian. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang.

Kontrasepsi darurat bekerja dengan cara mencegah atau menunda ovulasi, mencegah pembuahan, atau mencegah penempelan hasil pembuahan ke dalam dinding rahim. Pil ini tidak akan menggugurkan kandungan atau tidak bersifat aborsi karena kerjanya tidak akan efektif jika penempelan hasil pembuahan telah terjadi. Dengan kata lain kontrasepsi darurat ini tidak dapat menyebabkan aborsi jika kehamilan telah terjadi.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mencegah kehamilan setelah berhubungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar