Sukses

Depresi

28 May 2017, 17:04 WIB
Wanita, 12 tahun.

Dok saya mengalami depresi .. awalnya bisa saya abaikan tetapi semakin kesini saya makin depresi .. sampai menimbulkan rasa sakit secara fisik.. sakit nya tuh kaya nyeri.. biasanya nyeri di dada, dok saya takut sekali bilang kepada keluarga saya... saya sudah di tandain sebagai orang "malas" , saya juga sampai memikirkan cara bunuh diri(belum kulakukan) saya tidak punya satupun orang yang dapat saya bicarakan tentang masalah ini ...

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda memiliki masalah dalam keluarga, masalah dalam sekolah/prestasi, masalah dengan teman, masalah dengan lingkungan sekitar dan masalah ekonomi ?

Depresi adalah gangguan jiwa yang yang ditandai dengan suasana hati yang merosot/labil pada diri seseorang. Depresi bisa saja terjadi pada siapa pun, yang umumnya memiliki tekanan yang berat dalam hidupnya entah karena tekanan pekerjaan,tekanan ekonomi, atau tekanan lain.

Dasar umum untuk gangguan depresif tidak diketahui. Faktor penyebab dapat dibagi menjadi faktor biologis, faktor keturunan dan faktor psikososial, ketiga faktor tersebut dapat berdiri sendiri-sendiri maupun saling terkait yang menjadi penyebab dari gangguan bipolar/depresi.

Ada dua macam depresi, yaitu depresi ringan dan berat (menetap). Depresi ringan datang dan pergi dengan sendirinya, ditandai dengan hati yang berat, sedih, dan murung. Depresi berat dicirikan oleh perasaan tidak berguna atau bersalah serta sering disertai gejala fisik seperti turun berat badan, sakit kepala, hingga tidak enak badan. Penderita depresi berat cenderung untuk menarik diri, tidak peduli pada lingkungan sekitar, serta aktivitas fisik yang terbatas.

Melihat adanya keinginan diri anda untuk melakukan percobaan bunuh diri, kami menyimpulkan bahwa depresi yang anda alami sudah memasuki depresi berat. Ini menandakan Anda harus mendapatkan terapi secepatnya.

Segera konsultasikan diri anda ke dokter ahli kesehatan kejiwaan/psikiatri. Sementara itu, cobalah untuk menceritakan masalah Anda kepada teman dekat. Bantuan atau dukungan teman sangat berarti dalam menghadapi segala masalah yang sedang Anda hadapi.

Hal- hal yang perlu Anda lakukan adalah
1. Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.
2. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.
3. Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.
4. Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.
5. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar depresi.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar