Sukses

Apakah Berbahaya Mencabut Sisa Akar Kanan Kiri Sekaligus

28 May 2017, 17:22 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat malam, Dok. Gigi geraham atas kanan saya patah beberapa bulan yang lalu, sedangkan akar giginya masih ada. Selain itu, gigi geraham bawah kiri saya juga mengalami hal yang serupa. Pertanyaan saya, apakah memungkinkan jika saya ingin mencabut keduanya sekaligus? Apakah ada efek samping yang serius? Terima kasih, Dok.

Terimakasih telah bertanya tentang apakah berbahaya mencabut sisa akar kanan kiri sekaligus melalui fitur Tanya Dokter.

Sisa akar gigi memang harus diambil karena dapat membahayakan kesehatan rongga mulut. Agar bisa memastikan tingkat kesulitan dalam pencabutan dan cara yang tepat untuk melakukan pencabutan selain perlu pemeriskaan klinis oleh dokter gigi diperlukan juga anamnesa serta pemeriksaan radiogafi (rontgen) sebagai pemeriksaan penunjang.

Jika dengan tehnik pencabutan sederhana tidak dapat dilakukan maka dokter gigi dapat melakukan pencabutan dengan tindakan pembedahan atau open method. Prinsip pengerjaan pada tehnik ini dengan cara pembedahan dengan membuat flap, pemotongan tulang atau gigi, pengangkatan gigi, penghalusan tulang, kuretase dan kemudian penjahitan. Periksakanlah kondisi gigi Anda secara langsung ke dokter gigi agar dapat dipastikan cara terbaik untuk mencabutnya. Kami sarankan untuk mencabut sisa akar gigi salah satu sisi terlebih dahulu, lalu beri jeda seminggu sampai sebulan untuk cabut sisa akar gigi di sisi satunya. Hal ini perlu dilakukan agar anda tidak tersiksa karena kesulitan untuk mengunyah dan makanan tidak masuk ke dalam lubang bekas pencabutan selama proses penyembuhan. Karena jika ada kotoran atau sisa makanan masuk, bisa menyebabkan dry socket dan sakit yang luar biasa.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai apakah berbahaya mencabut sisa akar kanan kiri sekaligus, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar