Sukses

Efek Samping KB Suntik

28 May 2017, 16:59 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tanya Saya kan baru pernh KB . Itu juga ngambil KB nya yg 1 bulan . Kb dri tanggal 17 maret pertengahan april saya haid 2 minggu udh konsultan sih sama bidan ktnya kb ny hk cocok. Trus tnggal 17 mei KB nya kan udh hbis aku haid itu tpi gk darah kecoklatan . Cuman sedikit sedikit. Gimana ya dong cara mengatasinya apakah akan kembali semula haidnya

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami memahami keluhan yang Anda rasakan. Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Untuk itu, kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar Anda menggunakan KB yang paling tepat, sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar