Sukses

Meludah dan Sendawa

28 May 2017, 10:56 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,anak saya usia 6tahun,punya kebiasaan sering meludah,dan juga kadang bersendawa walaupun tidak dlm keadaan sehabis makan.apakah gejala penyakit dari kebiasaan tsb ! Atau ada solusi untk menghentikn kebiasaan tsb ? Trimakash

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sering meludah dapat merupakan tanda terjadinya produksi saliva yang berlebihan atau hipersalivasi. Produksi saliva di bawah pengaruh Sistim Saraf Autonom yang berarti tidak dapat dikendalikan secara sadar. Hipersalivasi atau peningkatan saliva dapat diakibatkan peningkatan produksi atau kurangnya saliva.

Penyebab hipersalivasi diantaranya adalah asupan gandum berlebih, penyakit refluks gastroesofageal, pankreatitis, penyakit hati, ulkus atau luka dan infeksi pada mulut dan obat-obatan tertentu,dll. Untuk mamastikan apakah penyebab dari hipersalivasi yang anak Anda alami perlu dilakukan pemeriksaan serta anamnesa/ tanya jawab secara langsung dengan dokter Anak Anda.

Bersendawa bisa membuat seseorang tidak nyaman dan malu terbentur kesantunan. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi gangguan ini.

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan

1. Diet

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan atau minuman yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

2. Asupan udara

Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

3. Hindari berbaring setelah makan

Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stres berlebih.

4.Konsumsi Jahe

Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

5. Olahraga

Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Sering sendawa juga dapat disebabkan karena perut kembung dan dapat sebagai salah satu gejala sakit maag.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar meludah dan sendawa.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar