Sukses

Penyempitan Jantung

28 May 2017, 15:06 WIB
Pria, 26 tahun.

Hallo Dok saya mau bertanya, ada sahabat sya yang mengalami penyakit Penyempiitan Jantung, yang saya mau tanyakan adalah apakah penyakit itu berbahaya? Apakah penyakit ini ada obat yang manjur untuk dikonsumsi? Terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyempitan pembuluh darah jantung tentunya dapat menganggu kesehatan.

Penyempitan pada pembuluh darah jantung merupakan penyakit yang sering terjadi terutama dengan meningkatnya usia. Penyempitan ini seringkali disebabkan oleh plak di jantung. Plak ini akibat dari kolestrol jahat yang menumpuk di pembuluh darah, teroksidasi, dan membuat peradangan lokal. Plak ini ditutupi oleh foam cell. Yang paling penting adalah mencegah agar plak tidak bertambah besar atau banyak, dan mempertahankan foam cell itu agar tidak lepas. Oleh karena saat lepas itu bisa berjalan-jalan dan menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke, serangan jantung, ataupun thrombosis.

Untuk mencegah agar pembuluh darah jantung tersebut tidak semakin menyumbat menurut teori paling baik adalah dengan merubah gaya hidup.

Gaya hidup yang dimaksud adalah :

- mengkonsumsi makanan yang sehat (jangan tinggi lemak dan kolesterol, proses sebaiknya di rebus atau kukus)

- mengkonsumsi anti-oksidant (vitamin C, E dan Beta Karoten)

- olahraga sedang (paling tidak 15-20 menit setiap harinya)

- cukup istirahat

-menghindari rokok dan alkohol

-banyak konsumsi air putih serta menghindari stres.

Untuk terapi penyumbatan darah tergantung dari dokter jantung yang melakukan terapi serta keluhan teman Anda, sebab derajat penyumbatan yang berbeda akan ditangani dengan cara yang berbeda pula.

Apabila bila masih ringan, kemungkinan hanya akan diberikan obat penurun kolesterol dan obat pengencer darah. Bila lebih berat, mungkin pula dilakukan kateterisasi hingga bypass pembuluh darah jantung.

Kami menyarankan melakukan pemeriksaan laboratorium berkala terhadap faktor resiko penyumbatan jantung seperti kadar kolestrol darah, gula darah, dsb. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar