Sukses

Berpuasa Saat Hamil Trimester Pertama

28 May 2017, 13:51 WIB
Pria, 23 tahun.

Pagi dok..dok saya hamil usia 7 mng 3 hari dok.saya puasa awalx normal dan lancar setelah berbuka puasa mersa mual dok sampai habis tarawih sampai malam .dan sulit tidur karena dada saya nyeri dan di samping perut seblah kiri rasax sakit sekali kayak di remez2 dan terasa mual.makan pun mual.trima kasih dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar puasa pada trimester pertama melalui fitur Tanya Dokter

Memasuki trimester pertama kehamilan, seringkali muncul gejala mual-mual dan muntah pada seorang wanita atau yang biasa disebut hiperemesis gravidarum. Keadaan  ini dapat memperburuk gejala maag yang bisa terjadi ketika berpuasa. 

 Apakah puasa aman dilakukan selama hamil? Jawaban dari pertanyaan ini bergantung pada kondisi kesehatan sang calon ibu, usia kehamilan, perjalanan kehamilan, dan lama puasa yang akan dijalankan.

Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa wanita hamil yang menjalani puasa berhubungan dengan berat badan janin kecil dan risiko kontraksi prematur. Puasa yang dilakukan pada awal kehamilan dikaitkan dengan kemungkinan gangguan belajar anak saat dewasa nanti.

Puasa selama kehamilan akan lebih aman untuk ibu dan janin, bila sang ibu dalam keadaan sehat, kuat, dan tidak ada masalah dalam kehamilan. Sebelum menjalani puasa, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan wanita hamil saat berpuasa agar kehamilan tetap aman antara lain:

1. Minum air yang cukup ketika berbuka. Asupan cairan yang disarankan adalah 1.5-2 liter sehari. Hindari santan, minuman bersoda, dan kopi.

2. Makan makanan sehat dan seimbang saat sahur dan buka puasa. Hindari makanan yang terlalu berminyak, pedas, santan, dan asam. 

3. Karbohidrat kompleks, seperti gandum dan biji-bijian, dan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan kering dapat membantu sang ibu bertahan menjalani puasa dan mencegah konstipasi (sembelit). Asupan protein dari kacang-kacangan, daging, dan telur juga penting.

4. Istirahat yang cukup dan jangan  lupa minum obat pereda asam lambung, ssaat sebelum berpuasa atau sesudah berbuka puasa.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar puasa pada trimester pertama,  Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar