Sukses

Sering Pusing dan Lemas, Apa Sebabnya?

28 May 2017, 12:42 WIB
Pria, 17 tahun.

saya sering pusing saat bangun tidur , jika terkena panas sinar matahari suka remang2 di mata dan sering lemas saat beraktifitas

Terima kasih telah bertanya tentang sering pusing dan lemas melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan Anda adalah sering pusing dan lemas. Sebelumnya izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan, sejak kapan Anda merasaksn keluhan tersebut? apakah terdapat pemicu? bagaimanakah karakteristik pusing yang Anda rasakan? apakah disertai gejala lain seperti berdebar-debar, pingsan? apakah pusing diperberat dengan perubahan posisi?

Rasa pusing yang disertai lemas dapat disebabkan oleh beberapa kondisi disebabkan karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, memang perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin.

Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

Jika keluhan dirasa sangat mengganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebab sehingga dapat diberikan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sering pusing dan lemas. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar