Sukses

Fungsi Penting Rontgen Gigi

28 May 2017, 11:35 WIB
Pria, 23 tahun.

Gigi geraham bungsu saya sakit karena miring dan sekarang belubang, saya baru tahu kalau gigi bungsu saya berlubang setelah saya mencabut gigi geraham yg ada di depan gigi bungsu saya itu karena sudah berlubang dan sakit. Jadi pertanyaan saya, apakah saya tetap harus melakukan foto rontgen padahal sudah tidak ada gigi yg menghalangi gigi bungsu saya untuk di cabut

Terimakasih telah bertanya tentang fungsi penting rontgen gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Rontgen / X-ray berfungsi untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai keadaan rongga mulut dan gigi dari seorang pasien terutama gambaran pada jaringan keras yaitu tulang dan gigi. Dengan menggunakan rontgen / x-ray, seorang dokter gigi juga dapat mendeteksi berbagai hal yang terkait dengan keadaan infeksi dalam rongga mulut dan sesegera mungkin mengambil tindakan agar penyakitnya tidak bertambah parah.

Keuntungan penggunaan rontgen / x-ray:

- Mendeteksi lubang pada gigi yang tidak dapat terdeteksi hanya melalui pemeriksaan klinis atau dilihat secara langsung.
- Dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan gigi anak yang belum tumbuh keluar dan masih terdapat didalam tulang rahang pada pasien anak-anak.
- Mendeteksi adanya kelainan pada tulang rahang dan kelainan di dalam gusi.
- Mendeteksi adanya kelainan berupa tumor.
- Mendeteksi gigi yang tidak tumbuh secara sempurna/ gigi impaksi seperti ditemukan pada banyak kasus gigi geraham bungsu.

- Mendapatkan gambaran jelas mengenai posisi geraham bungsu yang miring / impaksi, serta bentuk dan jumlah akar gigi.

Sehingga dapat memudahkan dokter gigi dalam melakukan tindakan serta meminimalkan kemungkinan komplikasi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai fungsi penting rontgen gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar