Sukses

Pemasangan Jacket Crown Untuk Gigi Depan Patah

28 May 2017, 11:29 WIB
Pria, 11 tahun.

Dok saya masih kelas 5 SD apakah bisa saya pakai jaket gigi pada usia saya saat ini karena gigi saya yang depan patah dok...,apakah pemakaian jaket gigi itu sakit timbang kalo pakai tambal gigi ya dok? Makasih...

Terimakasih telah bertanya tentang pemasangan jacket crown untuk gigi depan patah melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk menentukan perawatan yang terbaik bagi gigi Anda, kondisi gigi Anda perlu diperiksa secara langsung terlebih dulu, untuk melihat seberapa banyak jaringan gigi yang hilang, dan bagaimana kondisi mahkota gigi serta akar yang masih tersisa. Tidak semua gigi yang patah perlu atau bisa dirawat dengan mahkota tiruan (jacket crown). Jika patahnya masih menyisakan setidaknya 2/3 mahkota gigi dan rongga pulpa (yang berisi syaraf) belum terekspos, maka gigi mungkin masih bisa direstorasi dengan menggunakan bahan tambal sinar sewarna gigi yaitu resin komposit.

Sebaliknya, jika gigi patah lebih dari 1/2 mahkota dan mengekspos rongga pulpa maka perlu dilakukan perawatan saluran akar terlebih dulu. Kemudian dipasang pasak pada saluran akar gigi untuk memperkuat mahkota tiruan yang akan dipasang diatasnya.

Intinya, semua perawatan harus dilakukan sesuai indikasi. Biaya yang dibutuhkan untuk jacket crown sangat relatif dan bervariasi antara satu dokter gigi dengan dokter gigi lain, dan bergantung juga pada material yang digunakan (porselen/metal/metal-porselen). Kelas 5 SD sudah bisa menggunakan Jacket Crown. Dan pemasangan gigi ini tidak menimbulkan sakit. Tambal gigipun tidak sakit tergantung dengan keadaan giginya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pemasangan jacket crown untuk gigi depan patah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar