Sukses

Makanan untuk Penderita Maag

28 May 2017, 11:34 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok mau tanya, Tentang penyakit asam lambung Makanan apa yang dilarang, dan yang di anjurkan Sama kalau minum ramuan kunyit bagus Dan berapa lama penyembuhan nya Dok Apakah setelah lama sembuh bakal kerasa lagi TERIMAKASIH SEBELUM NYA DOK

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya peningkatan asam lambug dapat terjadi akibat telat makan, stress maupun makan makanan yang memicu peningkatan asam lambung berlebihan. Berkut makanan yang dapat memperparah maag Anda.

1. Makanan yang banyak mengandung gas

Hindari makan makanan yang dapat menghasilkan gas berlebih seperti lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, makanan yang dikeringkan dan bersoda.

2. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi dan minuman beralkohol

3. Makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart dan keju dapat membuat pengosongan lambung lebih lambat.

4. Makanan yang dapat merusak dinding lambung sebaiknya dihindari bagi penderita maag seperti cuka, pedas, merica serta bumbu kuat dan asam

5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan

Kunyit memang efektif dalam dalam memperbaiki luka lambung karena kandungan yang terdapat pada kunyit ternyata bisa menurunkan asam lambung. Namun demikian, sebaiknya ramuan tersebut dibuat sendiri tanpa penambahan zat kimia lain yang berefek terhadap kesehatan. Untuk mengatasi gangguan pada lambung Anda, Makanlah sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari, Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja), Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog), Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. Semoga hal ini dapat membantu Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar