Sukses

Bolehkah Mengkonsumsi Obat-Obatan Secara Bersamaan

28 May 2017, 10:07 WIB
Pria, 19 tahun.

permisi dok, saya mau tanya nih, saya kan terkena penyakit gatal-gatal dok, terus saya minta obat di Puskesmas, terus di kasih obat SOLINFEC & HEPTASAN dosis 1x1, dan saya juga mengalami sakit gigi dok, saya mau minum obat sakit gigi ( antalgin ). Pertanyaan saya, apa boleh saya memakan obat tadi secara bersamaan dok, terimakasih :)

Terimakasih telah bertanya tentang bolehkah mengkonsumsi obat-obatan secara bersamaan melalui fitur Tanya Dokter.

Dalam kasus anda, obat-obatan tersebut bisa dikonsumsi bersamaan asalkan memang sesuai dengan anjuran pemakaian obat tersebut. Misalkan dianjurkan setelah makan ataupun sebelum makan. 

Obat Solinfec Jangan diberikan bersamaan dengan obat-obat berikut : dofetilide, quinidine, pimozide, cisapride, metadon, disopiramid, dronedarone, ranolazine. ketoconazole dapat meningkatkan konsentrasi plasma obat-obat tersebut dan dapat memperpanjang interval QT, kadang-kadang menyebabkan disritmia ventrikel yang membahayakan seperti torsades de pointes. Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki gangguan hati dan pasien yang sedang diterapi dengan terfenadin atau astemizol.

Sedangkan obat Heptasan Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada siproheptadin atau obat golongan anti histamin lainnya.
Sebaiknya jangan digunakan untuk bayi prematur dan bayi baru lahir, pasien usia lanjut, hipertrofi prostat, porfiria, obstruksi leher kandung kemih atau penderita asma akut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bolehkah mengkonsumsi obat-obatan secara bersamaan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar