Sukses

Posisi Tidur Ibu Hamil

28 May 2017, 09:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya... Apakah posisi tidur saat hamil harus menghadap kekiri dan tidak boleh kekanan dok.. Soalnya saya pernah membaca artikel tentang bahaya posisi tidur yang menghadap ke kanan dapat menyebabkan kematian janin.. Apakah benar itu dok.. ?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Posisi tidur terbaik untuk ibu hamil, terutama jika usia kandungan sudah besar adalah posisi tubuh miring ke sebelah kiri. Hal ini bertujuan agar rahim tidak menekan vena cava inferior (pembuluh darah balik ke jantung) sehingga aliran darah menuju jantung maksimal, dan darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh dan ke janin juga maksimal.

Posisi tidur ibu hamil menghadap ke kanan maupun terlentang dapat mengurangi aliran darah balik sehingga hal ini mempengaruhi aliran darah dan nutrisi ke janin, Hal ini tentu mempengaruhi perkembangan janin dan berisiko terjadinya kematian janin. Namun demikian, diperlukan penelitian lanjut untuk mengetahui lebih jelas tentang hubungan antara posisi tidur dengan kematian janin. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar