Sukses

BAK nyeri

27 May 2017, 16:59 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, saya ingin bertanya.. Keluhan yang saya derita sekarang yaitu terasa sakit saat buang air kecil, sakit terasa di bagian dalam kepala penis. Tanda tanda peradangan tidak ada, cek labor sudah 2x menunjukkan labor normal dan tidak ada tanda2 infeksi, jika di inspeksi tidak ada tanda2 perangan di kulit kelamin bagian luar, tp saat BAK sering terasa sakit, dan sekarang tidak BAK pun merasa sakit, sakit hilang timbul dengan jarak per 10 detik atau lebih. Sakit terasa pedih dan kadang terasa terbakar. Sakit ini saya rasakan sampai saat ini baru 2 minggu. Mulai nyeri 2 hari setelah berhubungan intim dengan istri saya menggunakan kondom. Mohon penjelasannya dok..

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima Kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Kami ingin menanyakan beberapa hal.

Selain nyeri, apakah terdapat duh/cairan yang keluar dari kemaluan Anda ? Jika ada seperti apa cairannya ?

Pemeriksaan laboratorium apa yang sudah anda lakukan ? Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan urin ? Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan duh/cairan yang keluar dari kemaluan anda ?

Nyeri pada saat BAK salah satu kemungkinan penyebabnya adalah infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur dengan jumlah yang signifikan. Tingkat signifikansi jumlah bakteri dalam urin lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan gejala ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin.

Bila memang anda menderita infeksi saluran kemih, kami sarankan Anda jangan terlalu sering menahan kencing dan banyak minum air untuk membantu membilas kuman yang bersarang di saluran kemih anda. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Penyebab lainnya adalah  PMS (Penyakit Menular Seksual) adalah penyakit menular yang timbul melalui hubungan seks melalui vagina, oral,dan anal. Terdapat berbagai jenis infeksi yang tergolong PMS. Ada infeksi virus, bakteri, jamur, parasit, protozoa. Umumnya memang keluhan yang dapat menjadi pertanda adanya PMS adalah sakit saat buang air kecil, terdapat duh/cairan yang keluar dari penis, keputihan, ataupun adanya luka atau bintil pada bibir kemaluan. 

Penggunaan kondom yang anda lakukan dapat mencegah  penularan PMS. Apabila Anda dan pasangan  tidak memiliki PMS, maka rendah kemungkinan tertular PMS. 

Sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis urologi untuk menentukan penyebabnya.

Demikian infromasi yang kami dapat sampaikan seputar BAK nyeri.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar