Sukses

Kuku Anak Rusak dan Bernanah

27 May 2017, 23:55 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok,anak saya ujung ujung jari tangannya dan di bawah kukunya luka bernanah.Menurut spKK katanya alergi,kami belum tahu alergi terhadap apa. Hal ini berjalan lebih dari 2 bulan. Melihat tanda tandanya apakah benar alergi? Apa yg mesti sy lakukan lebih lanjut? Saya hendak memposting fotonya di sini tidak bisa.

 

Terimakasih telah bertanya seputar kuku bernanah melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi kuku yang rusak dan bernanah disebut dengan paronikia. Paronikia umumnya disebabkan oleh bakteri kulit yang masuk ke dalam kulit sekitar kuku yang rusak karena trauma minor misalnya karena menggigit kuku, mencuci peralatan, atau iritasi bahan kimia. Jamur juga bisa menjadi penyebab yang mendasari sebelum akhirnya terinfeksi bakteri, khususnya pada orang yang sering mengalami infeksi berulang.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Merendam kuku dalam campuran larutan yang terdiri dari 50% air hangat dan 50% cairan sabun antibakteri 3-4 kali sehari selama 5-10 menit. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
  2. Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
  3. Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum).
  4. Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
  5. Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (menggunting sendiri daerah yang infeksi).

Bila benar kuku terinfeksi, anak Anda juga perlu mengonsumsi antibiotik oral. Karena itu, kami sarankan agar Anda membawanya ke dokter kulit lain atau ke dokter anak untuk dipastikan penyebabnya dan bagaimana agar kondisi ini tidak kembali berulang.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kuku bernanah. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar