Sukses

Saraf Kejepit

27 May 2017, 17:00 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, sudah 2 bulan saya sakit di area pinggang sebelah kan yg menjalar hingga di daerah paha kanan, saya kira hanya sakit pinggang biasa tp setiap saya batuk atau melakukan aktivitas yg membuat pinggang saya bergerak itu rasanya sakit, sehingga saya tidak bisa duduk atau tiba2 berdiri dan bangun, yg lebih mengherankan ketika disentuh diarea yg dirasa sakit saya tidak merasakan apa2 itu kenapa ya dok, terimakasih šŸ˜ŠšŸ˜Š

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima Kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Ā 

Pertama, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan.

Ā Apakah Anda pernah mengalami riwayat trauma atau cedera pada tulang belakang sebelumnya?

Apakah ada gangguan buang air kecil?

Apakah kaki sering kesemutan atau baal?

Ā 

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan otot, ginjal, saraf, dan tulang belakang.

Bila terdapat penjalaran hingga paha kemungkinan disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Low back pain (LBP ) dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Nyeri pinggang yang menjalar sampai ke kaki dan meinimbulkan gangguan neurologik dapat disebabkan oleh hernia nukleous pulposus (HNP), suatu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis.

Untuk memastikan penyebab nyeri pinggang yang anda rasakan, sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter spesialis saraf untukĀ dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti MRI.Ā Ā Anda juga segera mendapat pengobatan karena penyakit ini dapat mengganggu aktivitas fisik anda.

Demikian infromasi yang kami dapat sampaikan seputar nyeri pinggang menjalar.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar