Sukses

Seputar Campak

27 May 2017, 23:23 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya beberapa hari ini meriang, dan sempat mengalami demam, pusing, dan radang tenggorokan. Dan pada awalnya juga terdapat bendol di tubuh saya, tetapi makin kesini, bukan cuman bendol saja, melainkan bintik merah yang terdapat di tubuh saya hingga sampai muka saya. Kira2 itu penyakit apa? Dan apa obatnya? Sekian. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar campak melalui fitur Tanya Dokter.

Dari deskripsi Anda, kemungkinan Anda mengalami infeksi campak.

Campak mempunyai gejala pada awalnya demam tinggi, batuk, pilek, radang tenggorokan hingga mata merah yang silau bila terkena cahaya. Diare juga kadang-kadang ditemukan. Gejala awal ini biasanya berlangsung 2-3 hari sebelum akhirnya muncul bintik-bintik kemerahan yang pertama kali nampak di wajah, daerah batas rambut dan dahi, serta belakang telinga. Bintik kemerahan ini kemudian menyebar ke badan sampai pada kaki. Selama bintik merah menyebar, demam masih ada. Ketika bintik merah sudah mencapai kaki, demam akan hilang dengan sendirinya.

Bintik-bintik merah ini terasa gatal dan bertahan selama 5-6 hari. Setelah itu, bintik-bintik merah akan berangsur-angsur menghilang sesuai urutan timbulnya dan menjadi kehitaman lalu mengelupas yang akan menghilang setelah 1-2 minggu.

Campak disebabkan oleh virus, sehingga dapat sembuh sendiri. Untuk mempercepat penyembuhan, disarankan untuk istirahat total. Anda juga dilarang bekerja atau bersekolah selama masih sakit karena dapat menularkan infeksi. Obat-obat yang dapat diberikan adalah obat-obat untuk meredakan gejalanya saja seperti obat penurun panas (parasetamol, ibuprofen) dan obat batuk pilek (OBH, efedrin, CTM).

Konsumsi Vitamin C dan Zinc juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan. Jangan lupa, selalu minum banyak air untuk mencegah dehidrasi akibat diare.

Bila keluhan tak kunjung membaik, atau memberat, segera kunjungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar campak. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar