Sukses

Infeksi Cacing Tambang

27 May 2017, 12:43 WIB
Wanita, 22 tahun.

Tanya dokter , salef untuk penyakit cacing pasir apa nama obat nya

Terimakasih telah bertanya tentang infeksi cacing tambang melalui fitur Tanya Dokter.

Dari deskripsinya ada kemungkinan Anda mengalami cutaneous larva migrans atau infeksi cacing tambang akibat berjalan tanpa alas kaki pada tanah atau tempat lain yang telah terkontaminasi kotoran binatang yang mengandung larva cacing. Binatang seperti kucing dan anjing merupakan perantara cacing tersebut.

Pada awalnya, ketika larva masuk terjadi benjolan yang tidak khas. Biasanya terdapat sensasi seperti tertusuk atau kesemutan dalam waktu 30 menit dari saat larva masuk. Larva tersebut dapat dorman ("tidur") selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dapat juga secara langsung merambat membuat jalan berkelok-kelok hingga 3-4 cm dari tempat masuknya. Daerah yang berkelok ini biasanya agak menimbul, kemerahan, dan sangat gatal.

Penyakit ini dapat sembuh sendiri kurang lebih dalam waktu 4 minggu. Namun demikian, keluhan yang ditimbulkan sangat mengganggu sehingga perlu diobati. Pengobatan akan memperpendek perjalanan penyakitnya. Obat cacing yang biasanya digunakan adalah yang mengandung albendazole, mebendazole, atau ivermectin.

Sebelum menggunakan obat-obat ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter kulit agar diketahui betul apa penyebabnya. Dengan demikian, penanganannya akan tepat pula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi cacing tambang. Semoga bermanfaat. (FA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar