Sukses

Hidung Gatal

27 May 2017, 16:06 WIB
Pria, 26 tahun.

Dokter, kenapa akhir akhir ini. Hidung saya terasa gatal dan panas.. Terus Indra penciuman saya sedikit terganggu, kira kira apa penyebabnya ya dok?? Dan bagaimana cara penanggulangan ny?? Terimakasih dok ,respon ny.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Hidung Gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Selain keluhan hidung gatal, apakah terdapat bersin-bersin juga? Bersin-bersin terutama pada pagi hari dan hidung gatal sering terjadi pada penderita rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi juga bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga >5x, disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer. Jika rangsangan reaksi alergi tidak terlalu kuat maka tidak sampai menimbulkan refleks bersin dan yang dirasakan hanya hidung gatal atau seperti mau bersin, tapi belum bersin.

Saran dari kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter umum, atau dapat pula ke dokter spesialis THT. Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin), menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Hidung Gatal. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar