Sukses

Aritmia

27 May 2017, 11:30 WIB
Pria, 37 tahun.

Saya memiliki detak jantung yg tidak berarturan, terakhir periksa gula darah drop hingga 67, pertanyaan saya apakah aritmia juga dipengaruhi kadar gula darah yg turun dan apakah nikotin dalam jantung bisa dibersihkan karena dulu saya merokok. terimkasih.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Apakah anda seorang penyandang penyakit kencing manis/ diabetes ? Apakah anda dalam terapi penyakit tersebut ?

Pada saat pemeriksaan gula darah apakah anda dalam keadaan puasa ?

Kadar gula darah yang rendah disebut dengan Hipoglikemia. Di dalam perhitungan, Hipoglikemia adalah kadar gula darah di bawah 60 atau dibawah 100 dan menimbulkan gejala / keluhan.

Umumnya hipoglikemia adalah salah satu komplikasi dari penyakit Diabetes Melitus.

Hipoglikemia jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari (yang bukan disebabkan karena komplikasi DM). 

Jika anda seorang penyandang penyakit kencing manis atau diabetes mellitus, tentunya akan berefek pada kesehatan jantung anda. 

Aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat mengakibatkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardi), terlalu lambat (bradikardi), atau tidak teratur (iregular). Kebanyakan aritmia tidak berbahaya namun beberapa jenisnya dapat berkomplikasi lebih serius dan mengakibatkan kematian. Apabila jantung mengalami gangguan irama, kemungkinan jantung tidak dapat memompa cukup banyak darah ke jaringan tubuh. Akibatnya sel-sel tubuh termasuk diantaranya adalah otak, ginjal, dan organ lain kekurangan oksigen dan nutrisi.

Dalam dunia medis, kelainan pada jantung banyak sekali bentuk dan jenisnya. Jenis artimia, diperlukan pemeriksaan EKG untuk memastikan. Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk evaluasi lebih lanjut. Terapi yang diberikan bergantung pada jenis artimia Anda.

 
Berbagai Cara menghilangkan nikotin dari dalam tubuh:

1. Minum banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengkonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.

2. Olahraga

Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin.

Jalan, joging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali perminggu. Jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung.

3. Perbanyak buah dan kurangi fast food

Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat untuk setidaknya beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

4. Hindari alkohol

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar