Sukses

Benjolan di Leher

27 May 2017, 15:45 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo dok. Saya mau bertanya, 2 bulan yang lalu saya mengalami demam, dan nyeri di leher, sakit tenggorokan, telinga juga sakit banget dok, setelah itu ada benjolan merah di leher sebelah kiri, kalau di pegang sakit nyeri, saya cuman minum paracetamol dan seiring sembuh nya demam, benjolan nya mengecil dok, dan gak sakit lagi kalau di pegang, cuman masih ada kelihatn benjolan nya dok, kalau ditekan bergerak gtu agak kecil, dok apakah benjolan nya berbahaya? Apakah saya harus memeriksakanya dok? Mengingat udah 2 bulan ini benjolan nya masih ada, cuman tidak membesar

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Benjolan di Leher melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang dialami dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
Tumor lemak (lipoma)
Penyebab paling sering benjolan di leher adalah pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi (misalnya saat sedang batuk pilek), benjolan ini bisa menghilang dengan sendirinya. Kami sarankan Anda membawa anak Anda untuk konsultasi ke Dokter spesialis Anak karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Jika sudah diperiksakan pastikan diagnosis nya apa, jika lipoma bisa diangkat, namun jika pembesaran kelenjar getah bening karen infeksi tidak perlu diangkat namun cukup diberikan obat. Jika pembesaran kelenjar tiroid maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Benjolan di Leher. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar