Sukses

Alergi Susu Formula

27 May 2017, 15:41 WIB
Pria, 30 tahun.

Hallo dok. Anak saya usia 4bln. Bb lahir 3.1 skrg bb 5.6kg. Konsumsi susu formula. Awalnya suka dengan rasa susu tersebut. Tp lama kelamaan nafsu untuk menyusu berkurang. Timbul ruam merah d sekitar badan dan tangan. Sering kembung. Kalo malam sering sulit bernafas. Apa yg harus saya lakukan? Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa waktu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  • Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),
  • Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan
  • Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

- Sakit perut

- Mual

- Muntah

- Sesak napas atau mengi

- Ruam, bengkak, gatal pada kulit

- Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya).

Bila bayi anda didiagnosis alergi susu sapi, memang sebaiknya pikirkan kemungkinan untuk mengganti jenis susu seperti ASI atau formula susu yang dihidrolisis sempurna atau susu soya.

Susu soya adalah susu dengan bahan dasar protein kedelai yang setara dengan protein pada susu sapi. Pemberian soya dan susu yang terhidrolisis sempurna dapat menjadi suatu tindakan pencegahan secara sekunder terjadinya alergi susu sapi karena diberikan pada anak atau bayi yang sudah terpapar dengan protein susu sapi namun belum timbul gejala alergi. Namun soya menjadi pilihan pertama dibandingkan susu terhidrolisis sempurna lainnya karena harganya yang relatif lebih murah dengan rasa yang lebih familiar.
Namun, terdapat penelitian bahwa 30-40% anak alergi susu sapi bukan tidak mungkin terkena alergi soya. Sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu gejala yang dialami anak Anda, apakah benar-benar mengalami alergi susu sapi. 

Kami sarankan Anda segera memeriksakan kondisi anak Anda ke dokter sepsialis anak untuk penanganan lebih lanjut

0 Komentar

Belum ada komentar