Sukses

Obat Pencahar dan Gagal Jantung

27 May 2017, 15:39 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya ingin bertanya do. Apakah obat pencahar boleh digunakan oleh pasien gagal jantung? Apakah bisa terjadi interaksi dengan obat jantung yang sedang digunakan ? Mohon bantuannya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Obat Pencahar dan Gagal Jantung melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Obat pencahar hanya diberikan bila ada indikasi tertentu. Kondisi tersebut diantaranya adalah konstipasi akut maupun kronik (tidak bisa BAB dalam waktu 3-7 hari), pada pasien yang akan melakukan pemeriksaan radiologi untuk abdomen (perut) atau pemeriksaan kolonoskopi (dimasukkan alat serupa selang dari anus untuk melihat kondisi usus besar), dan pada kondisi dimana pasien tidak boleh mengedan (contoh pasien jantung). Jadi bukan untuk obat diet.

Efek samping dari pemakaian laksatif terus menerus adalah gangguan saluran pencernaan, diare, kehausan, dan keram pada perut. Obat jantung apakah yang dikonsumsi? Sayang sekali Anda tidak menyebutkan kandungannya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Obat Pencahar dan Gagal Jantung. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar