Sukses

Penyebab Sering Keguguran

27 May 2017, 15:35 WIB
Wanita, 30 tahun.

Sore dok Dok saya mau bertanya Tgl4april ni saya kuretase dikarena janin tidak berkembang dimana tgl27april ni saya datang bulan lg apa tu normal dok? Dan juga saya mau konsultasi keaddan saya. Saya sudah 2x keguguran dimana kuretase pertama bln jan2016 dikarenakan memasuki blnkedua jantung tidak berdetak lg dimana kehamilan pertamani saya memiliki kista 12cm, bln feb2016 saya operasi pegangkatan kista Hamil kedua pada bln april2017 saya kuretase karena janin tidak berkembang( memasuki bln kedua) penyebabnya pa dok? Kenapa terus keguguran? Dan kedepanya saya harus melalukan pemeriksaan pa biar tidak keguguran lagi dok? Terima kasih Efvira Moho dibalas ya dok terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Sering Keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Ada beberapa penyebab keguguran yang dapat terjadi. Ada faktor dari ibu maupun dari janin, yaitu :

Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)
Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu
Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyakit tiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.
Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.
Kelainan hormonal
Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres
Trauma/cedera pada kehamilan
Ibu mengonsumsi obat-obatan tertentu atau alkohol yang dapat mengganggu perkembangan janin
Perlu dieksplorasi lebih lanjut penyebab dari keguguran yang terjadi pada diri Anda. Apabila hasil TORCH semuanya negatif, berarti bukan itu penyebabnya.

Kami sarankan agar Anda kembali kontrol kepada dokter kebidanan dan kandungan agar dapat diperiksa lebih lanjut, apa faktor yang menyebabkan Anda sering mengalami keguguran.

Semoga Anda cepat dikaruniai momongan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Sering Keguguran. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar