Sukses

Nyeri Payudara

27 May 2017, 15:31 WIB
Wanita, 42 tahun.

Mau tanya dokter...saya udh 2minggu ini lagi minum obat hormon/visanne kmrin ga kerasa apa2 tp 4hari ini payudara saya sakit terutama disekitar puting/areola apakah ini dari efek samping dari obat hormon??mohon penjelasannya...trims

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Untuk apakah Anda mengonsumsi obat tersebut? Apakah Anda mendapatkannya dari dokter?

Kami memamahami kekhawtiran Anda. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah teraba benjolan pada payudara? Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit.

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit pasangan Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Payudara. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar