Sukses

Labia atau Bibir Vagina Berwarna Hitam

27 May 2017, 15:30 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya, kenapa ya labia minora saya berwarna hitam padahal sebelumya tifak begitu dok, bagaimana cara mengembalikan seperti dulu? Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Labia atau Bibir Vagina Berwarna Hitam melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Daerah selangkangan dan vagina berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB, kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Karakteristik labia minora sangat bervariasi pada setiap individu, baik dalam warna, ukuran, atau bentuk secara keseluruhan. Hal ini masih bisa dikatakan normal mengingat karakteristiknya yang sangat variatif. Pada kebanyakan kulit ras Asia, Warna dari labia biasanya coklat atau hitam, bukan merah jambu. Hal tersebut dikarenakan oleh kulitnya yang kebanyakan tebal dan berkerut.

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Labia atau Bibir Vagina Berwarna Hitam. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar