Sukses

Bayi Menangis Saat akan Kentut

27 May 2017, 15:26 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok anak saya usia 1 bulan 14 hari. Kenapa setiap dia buang gas (kentut) dia gelisah dan menangis. Itu membuat dia terbangun dari tidurnya. Mohon jwbannya ya dok. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Bayi Menangis Saat akan Kentut melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sebelumnya, masih banyak informasi yang kami butuhkan ,salah satunya apakah bayi ibu pernah diberikan makanan lain selain ASI pada usia 1 bulan ini? Apakah bab anak lancar dan teratur? Apakah BAB anak keluar cukup banyak atau hanya sedikit? Pernahkah ada darah pada bab anak?

Apakah perut anak tampak membesar tidak normal? Apakah anak sering menangis tiba-tiba setelah makan? Bila Tidak, maka kemungkinan mengedan tersebut berkaitan dengan fungsi pencernaan yang belum sempurna saja, namun tidak berkaitan dengan kelainan dan penyakit (misalnya penyakit sumbatan saluran cerna).

Proses mengedan pada bayi wajar dialami karena fungsi pencernaannya yang masih belum sempurna. Alangkah baiknya apabila asupan makanannya hanyalah ASI eksklusif karena ASi adalah makanan yang paling mudah dicerna oleh bayi.

Selama mengedannya masih dalam batas normal (tidak menangis karena kesakitan, masih bisa buang angin, BAK banyak dan lancar) maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Berikanlah ASI lebih banyak lagi. Bayi Anda sedang beradaptasi dengan pengenalan ASI terhadap pencernaannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bayi Menangis Saat akan Kentut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar