Sukses

Terapi Glaukoma

27 May 2017, 15:01 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamu'alaikum dok sya mau tanya apakah obat Noncort yg buat katarak itu boleh utk penderita Glaukoma ? adik sya sakit glaukoma sbelah kiri sdh buram, Di kasih obat tetes noncort sama dokternya, tolong saran terbaiknya dok sbelum terlambat utk menyelamatkan pengelihatan adik sya dok . .

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Terapi Glaukoma melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Obat yang Anda sebutkan adalah obat untuk anti peradangan. Hindari memberikan sembarang obat tetes mata tanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter spesialis mata. 

Terapi obat untuk glaukoma merupakan penangan awal dan utama untuk glaukoma sudut terbuka primer meskipun program ini dapat diganti terapi diteruskan seumur hidup. Bila terapi ini gagal pilihan berikutnya adalah terabekuloplasti laser. Glaukoma sudut tertutup akut dengan sumbatan pupil biasanya jarang merupakan kegawatan bedah. Obat digunakan untuk mengurangi TIO sebanyak mungkin sebelum iridektomi laser atau insisional.
Penangan glaukoma sekunder, ditangani dengan menghentikan pengobatan kortikosteroid. Uveitis diterapi dengan bahan anti inflamasi.
Kontraindikasi pada pasien glaukoma :

a. Efek samping pada pemakaian obat topikal :
Ø Pandangan kabur
Ø Pandangan meremang khususnya menjelang malam dan kesulitan memfokuskan pandangan, kadang frekuensi denyut jantung dan respirasi juga terpengaruh.
b. Efek samping pada pemakaian obat sistemik :
Ø adanya rasa kesemutan pada jari tangan dan jari kaki, pusing, kehilangan nafsu makan, defekasi tidak teratur, kadang batu ginjal.
c. Jenis obat yang digunakan oleh glaukoma :
Ø Antaginis beta-adenergik,bahan kolinergik,agonis adenergik,inhibitor Anhidrase karbonat,diuretika Osmoltik.

Sebaiknya ADIK Anda memeriksakan diri ke Dokter agar pengobatan lebih maksimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Terapi Glaukoma. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar