Sukses

TB Kelenjar

27 May 2017, 14:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya apakah penyakit paru paru kelenjar bisa kambuh dalam kurun waktu satu bulan. Saya telah selesai melakukan pengobatan selama 6 bulan pada tanggal 27 maret di nyatakan paru paru saya udah ada perubahan dan selama pengobatan itu benjolan di leher juga udah ilang.. Nah dok kemaren tanggal 27 april ada benjolan lagi di ketiak saya sebelah kanan sakit rasanya apakah itu masih kelenjar apa bukan ya dok soalnya dulu pertama ada benjolan itu di ketiak sebelah kanan.. Terimakasih mohon penjelasannya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang TB Kelenjar melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. TB kelenjar menyerang kelenjar getah bening yang merupakan pertahanan tubuh terhadap penyakit, sedangkan TB paru menyerang daerah paru. Gejalanya pun berbeda, bila TBC paru identik dengan batuk lama lebih dari 3 minggu yang tidak sembuh-sembuh meskipun diberi pengobatan batuk, maka TBC kelenjar umumnya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di tubuh manusia.

Kelenjar yang paling sering diserang terlebih dahulu adalah kelenjar daerah leher hingga tepat di bawah rahang bawah. Selain pembesaran kelenjar yang menjadi teraba, adalah badan terasa meriang dan pegal. Kuman TBC sendiri sebenarnya dapat menyerang tubuh mana saja, mulai dari otak, saluran pencernaan atau kemih, hingga tulang.

Pengobatan apa saja yang sudah Anda dapat? Mengenai keluhan Anda benjolan di leher, kami menyarankan Anda kembali melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut. Besar kemungkinan itu juga merupakan TB kelenjar, karena di bawah telinga merupakan salah satu letak kelenjar getah bening.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang TB Kelenjar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar