Sukses

Penyebab Anak Susah Gemuk

27 May 2017, 14:24 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok anak Saya umur 14bulan makan itu gampang 3x sehari trs minum asi n seling sufor tapi knp badannya ga gemuk2 ya??? Harus dikasih apa ya???

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Anak Susah Gemuk melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan anak Anda? Apakah berat badan anak Anda di bawah normal?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi.

Jika berat badan dirasa memang sangat sulit untuk naik sedangkan anak tidak memilik riwayat keluarga yang juga kurus atau penyakit lain seperti cacingan atau penyakit metabolik lain, segeralah konsultasi kepada doker spesialis anak Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Anak Susah Gemuk. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar