Sukses

Bertahan Hidup dengan Penyakit HIV

27 May 2017, 11:38 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, bagaimana biar orang yang mengidap penyakit HIV ini bisa bertahan lebih dari 10 tahun, bahkan lebih. Gimana? Selain menggunakan obat yang di anjurkan.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyakit HIV melalui fitur Tanya Dokter.

Pengobatan HIV sekarang ada berbagai macam, yaitu menggunakan obat ARV (anti retroviral). Obat tersebut dapat Anda peroleh jika Anda kosultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dengan obat itu, diharapkan terjadi supresi dari virus sehingga tidak dapat melemahkan sistem imun tubuh. Infeksi ini berat jika sel darah putih itu turun sehingga tubuh dapat terinfeksi oleh berbagai virus dan bakteri. Untuk sembuh masih diperdebatkan dan sepertinya sulit. Yang dapat dilakukan adalah supresi dari replikasi virus.

Selain itu beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola hidup sehat untuk membantu sistem pertahanan tubuh dan juga untuk melindungi diri agar tidak terlalu lelah dan terpapar sumber infeksi.

Pemahaman mengenai penyakit ini memang sangat penting. Penderita perlu mengetahui apa yang dapat dan sebaiknya tidak dilakukan agar dapat tetap bugar dan bisa beraktivitas. Aktif dalam kelompok penderita HIV/AIDS juga membantu penderita untuk tetap aktif dan sehat. Beberapa yayasan dan organisasi kesehatan yang bergerak dalam bidang ini dapat ditemukan di internet dengan mudah. Kelompok pendukung ini akan dapat membantu penderita dengan berbagi pengalaman dan saling membantu serta memberi dukungan untuk tetap sehat, aktif dan bugar.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penyakit HIV. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar