Sukses

Telapak Tangan Mengelupas dan Kering

27 May 2017, 12:53 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau tanya,telapakan tangan saya hampir 5 bulan terakhir jadi kering banget,pecah2,pada mengelupas sendiri.biasanya kalo kulit tangan mengelupas kan semingguan,ini kok sampe berbulan2.saya udah coba periksa ke dokter kulit,tapi tidak ada perubahan malah tambah parah.minta solusinya dok,mksh.

Terima kasih telah bertanya tentang kulit telapak tangan terkelupas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kulit tangan dan kaki yang mengelupas hanyalah satu gejala dari sebuah diagnosa yang harus ditemukan. Apakah Anda merasa gatal? Dimanakah Anda bekerja? Sabun apakah yang Anda gunakan sehari-hari?

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis ada yang disebut dengan dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu). Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, ganti sabun mandi Anda dengan sabun bayi dan berikan pelembab (moisturizer) pada telapak kaki serta tangan.

Untuk mengetahui sebab pasti yang melatarbelakangi pengelupasan kulit pada telapak tangan dan kaki Anda, kami saranakan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar