Sukses

Janin Belum Terlihat Saat USG

27 May 2017, 12:06 WIB
Wanita, 32 tahun.

assalamualaikum dok,sy Retno,hamil anak pertama usia dah jalan 3bln,kemarin tgl 7mei sy USG ,kata dokternya gak kelihatan,terlihat tp samar,yg sy tanyakan apa memang benar ya usia janin segitu blm terlihat sama sekali,selama hamil jarang sekali mual muntah seperti kebanyakan org hamil,apa itu wajar ya dok,apa itu bisa jadi janin gk berkembang?makasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai ukuran janin. 

Trimester pertama atau perkembangan kehamilan dari minggu 1-13 dinamakan dengan masa organogenesis atau masa pembentukan organ. Pada minggu-minggu ini janin sedang menyempurnakan organnya namun memang masih sangat kecil untuk terlihat.

Pada usia kehamilan 9 minggu, janin baru memiliki berat 2 gram dengan panjang 30 mm yang tentu saja masih terlalu kecil untuk dilihat bahkan dengan alat USG sekalipun. Pada usia kehamilan 11 mingu dimana janin sudah memiliki berat 8 gram dan panjang 6 cm, umumnya memang sudah dapat dilihat. Namun seandainya belum pun, USG ideal dipastikan pada usia kehamilan 14 minggu dimana janin umumnya memang dapat terlihat dengan jelas melalui USG karena perkembangannya yang sudah cukup besar.

Jadi saat ini dimohonkan kesabaran ibu untuk melihat secara langsung janin yang sedang ibu kandung. Kami harap ibu kembali kontrol ke dokter 1-2 minggu kemudian. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. 

0 Komentar

Belum ada komentar